RSS

Sekilas Tentang Internet dan Istilah-istilahnya



Manusia sejak awal kehidupannya selalu berusaha memperbaiki kemampuannya untuk menerima dan menyebarkan informasi tentang lingkungannya disamping meningkatkan kecepatan, kejelasan dan macam cara pengiriman informasi (Bride dalam Liliweri ,1997:59-60). Usaha yang dilakukan manusia tersebut dapat dilihat dari penemuan-penemuan dalam bidang elektronika komunikasi yang telah banyak mengubah cara-cara manusia berkomunikasi. Penemuan-penemuan teknologi komunikasi telah meningkatkan kapasitas komunikasi antarmanusia sehingga mampu menembusi batas-batas ruang dan waktu serta status sosial yang telah menjadi penghambat selama kurun waktu berabad-abad (Liliweri,1997:62). Selain itu, kemajuan terus menerus dalam berbagai bidang kehidupan manusia, baik sosial, ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan sebagainya telah mencapai suatu titik dimana sistem sistem komunikasi tradisional tidak lagi memadai untuk menangani kebutuhan-kebutuhan yang semakin meningkat bagi pertukaran informasi yang cepat (Fidler,2003:123).

Semenjak Johann Gutenberg menemukan mesin cetak modern, disusul penemuan Radio oleh Marconi, Telepon oleh Alexander Graham Bell, Telegraf oleh Thomas Alfa Edison serta banyak lagi tokoh pionir lainnya, kegiatan komunikasi dan interaksi antarmanusia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perkembangan demi perkembangan terjadi sedemikian cepat sehingga tranformasi masyarakat dasar dari era masyarakat industrial ke era masyarakat informasi pada pokoknya telah selesai menjelang tahun 1930-an (Fidler,2003:123). Era masyarakat informasi merupakan suatu era dimana proses produksi dan distribusi informasi menjadi kegiatan ekonomi dan sosial yang penting di masyarakat. Dalam era ini, masyarakat menghabiskan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk berkenaan dengan media-media komunikasi dan teknologi informasi (Straubhaar dan LaRose, 2002: 32). Media merefleksikan status ekonomi masyarakat yang mengembangkannya. Oleh karenanya, media-media komunikasi dikembangkan sedemikian rupa sehingga bisa membantu masyarakat untuk menciptakan, menyimpan dan memproses informasi. Dalam kurun waktu tiga dekade terakhir ini, berbagai penemuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi meningkat jauh lebih banyak dan lebih cepat dibanding pada waktu-waktu sebelumnya. Berbagai produk tehnologi baru, seperti satelite, komputer pribadi, printer laser, scanner, telefon seluler, laptop, internet, LAN, world wide web (www), HTML, camera digital, USB Flash Disk, dsb telah banyak memberi kontribusi dalam kemajuan bidang komunikasi saat ini. Produk-produk tehnologi tersebut terus membentuk koneksi-koneksi baru satu sama lain, ataupun dengan bentuk-bentuk media terdahulu menjadi suatu sistem yang universal (Enzensberger, 2000: 51). Bahkan konvergensi komputer, telekomunikasi dan sistem media massa konvensional telah membawa beberapa perubahan fundamental pada fungsi-fungsi media.

Baran dan Davis mengatakan bahwa bentuk ekspresi yang paling kuat dan paling menonjol dari semangat berbagai penemuan di era informasi ini adalah media massa (2000:350). Perkembangan tehnologi dan berubahnya budaya masyarakat telah ikut serta mengevolusi peran dan sistem media massa dari bentuk-bentuk konvensionalnya menjadi seperti sekarang. Paradigma dan pemahaman tentang media pun telah banyak bergeser karena dianggap sudah tidak kompeten lagi seiring perubahan media massa pada era masyarakat informasi sekarang ini.

Istilah media massa secara tradisional selalu ditandai dengan komunikasi dari satu pihak ke banyak orang yang disampaikan melalui chanel elektronik maupun mesin, dengan respon balik yang tertunda dari audience, dan mencapai audience secara serentak pada waktu yang bersamaan (Straubhaar dan LaRose, 2002: 14). Namun seiring perkembangan media sekarang ini, sistem media untuk komunikasi massa juga telah mengalami beberapa perubahan mendasar. Perubahan sistem media massa nampak pada semakin banyaknya sumber-sumber media saat ini dan berkurangnya kewenangan sekaligus profesionalitas dari sumber-sumber tersebut. Selain itu pesan yang disampaikan pun lebih dsesuaikan dengan segmen-segmen audience yang semakin terspesifikasi. Media massa saat ini cenderung membangun interaksitifitas dengan audience-nya dan tidak lagi bersifat satu arah dalam menyebarkan informasi. Hal tersebut terdorong karena kondisi masyarakat modern saat ini yang lebih aktif dalam mengkonsumsi informasi dan menyampaikan respon kepada sumber berkenaan dengan isi berita, bahkan seringkali masyarakat turut berpartisipasi dalam menentukan dan membuat isi dari pesan yang akan dipublikasikan (Straubhaar dan LaRose, 2002: 21-25).

Evolusi bentuk maupun fungsi media massa saat ini tidak bisa dilepaskan dari adanya penemuan internet dan difusi inovasi tehnologi tersebut ke masyarakat dunia. Internet adalah suatu jaringan dari banyak jaringan yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia sehingga mereka dapat saling mempertukarkan pesan-pesan satu sama lain dan membagi akses file-file dari database komputer (December, 1996:3). Internet merupakan tehnologi yang menyambungkan milyaran komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi dan interaksi diantara pengguna jaringan komputer tersebut (Mohseni,1996 : 4). Menurut Randall, teknologi yang menghubungkan komputer dari seluruh dunia ini memberikan kesempatan bagi semua orang dimanapun berada untuk menjelajahi sumber daya informasi selama terkoneksi dalam jaringan internet tersebut (1996:5).


Sejak pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat dunia dalam suatu demonstrasi di International Computer Communication Conference (ICCC) pada bulan oktober 1972 (www.isoc.org/internet/history/ brief.shtml), internet telah membawa perubahan yang revolusioner bagi kehidupan komunikasi manusia. Sepanjang tahun 1980an, internet telah tersebar ke sebagian besar lembaga-lembaga akademik dan pusat-pusat riset di Amerika Serikat dan ke banyak lokasi lain di seluruh dunia (Fidler, 2003:153). Kemudian pada tahun 1991, internet telah digunakan secara umum untuk berbagai kepentingan, termasuk untuk kepentingan komersil.


Menjelang tahun 1995, diketahui bahwa sekitar 30 juta orang yang berasal dari lebih dari seratus negara telah terkoneksi dan memanfaatkan akses internet tersebut. Jika pada awalnya internet hanya digunakan untuk memudahkan riset, pemrograman, surat dan informasi secara elektronik di kalangan para pendidik, akademisi dan peneliti. Maka kemudian internet menjadi suatu sistem komunikasi global besar yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk berbagai tujuan, baik akademik, bisnis, korespondensi pribadi, pencarian informasi dan komunikasi massa (Fidler, 2003:150-153).

Penemuan tehnologi internet seolah mewujudkan konsep yang dikemukakan oleh McLuhan pada tahun 1960-an lalu tentang global village. Istilah global village tersebut digunakan untuk menggambarkan kondisi dunia yang mana pengaruh teknologi komunikasi telah menghilangkan sekat-sekat geografis dan mengatasi keterpisahan jarak, sehingga dunia seakan menjadi satu perkampungan besar. Keberadaan internet saat ini telah menyatukan heterogenitas umat manusia di seluruh dunia dalam suatu jaringan komunikasi global. Dengan tehnologi internet, jarak ribuan kilometer ataupun perbedaan waktu tidak lagi menjadi halangan untuk berkomunikasi dan menjalin interaksi.

Jutaan orang kini telah menghabiskan begitu banyak waktu mereka dalam dunia maya, atau yang lebih dikenal dengan istilah cyberspace. Istilah cyberspace tersebut pertama kali digunakan oleh William Gibson dalam novel fiksi sains-nya Neoromancer yang diterbitkan tahun 1984. Sejak itu istilah cyber tersebut dikaitkan dengan ruang konseptual dimana orang berinteraksi memakai teknologi komunikasi berperantara komputer —Computer Mediated Communication (CMC)— dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan CMC (Fidler,2003:117). Interaktifitas menjadi salah satu faktor yang menjadi kekuatan teknologi ini.

Pada dasarnya, internet merupakan suatu infrastruktur komunikasi yang tidak menjadi properti suatu pihak tertentu. Tidak ada badan pemerintah atau perusahaan komersil yang memiliki sistem tersebut atau secara langsung memperoleh keuntungan dari pengoperasiannya. Internet tidak memiliki presiden, CEO ataupun kantor pusat (Fidler, 2003:150). Tidak ada regulasi ataupun nilai-nilai kemasyarakatan yang bisa mengendalikan atau mengontral akses media tersebut dengan ketat. Internet kemudian menjadi suatu media yang sifatnya massa, personal, global, bebas, interaktif dan tidak mewakili suatu kepentingan tertentu ( Enzensberger dalam Caldwell, 2000:61).

Kebebasan yang ditawarkan internet sangat berdampak pada globalisasi komunikasi dan persebaran informasi. Internet membebaskan penggunanya dari ketergantungan kepada media massa konvensional dalam pemenuhan kebutuhan terhadap informasi. Beragam informasi tentang hal apapun tersaji di internet dan dapat dengan mudah diakses oleh penggunanya kapanpun dan dimanapun. Dengan fasilitas search engine—website pencari informasi—pengguna internet dapat menemukan banyak sekali alternatif dan pilihan informasi yang diperlukannya hanya dengan mengetikkan kata kunci di form yang disediakan. Begitu mudahnya sampai seringkali pengguna internet tidak percaya dengan hal-hal, ide-ide besar atau informasi penting yang tersimpan di belantara situs-situs internet. Internet juga membebaskan penggunanya untuk menjadi sumber (source) atas beragam informasi. Setiap pihak bisa saja berperan menjadi sumber sekaligus penyampai informasi, baik institusional maupun personal. Tidak ada batasan atau keharusan terhadap tema, topik, jenis dan tipe file yang bisa dipublikasikan lewat internet. Terlebih lagi, dalam penyempurnaan bentuk dan sistemnya, tehnologi internet mampu menampilkan, menyimpan dan mengirimkan informasi berupa teks, gambar grafis, gambar tiga dimensi, animasi, video, musik dan gabungan dari semuanya secara online. Oleh karena itu, saat ini hampir semua institusi pemerintahan, perusahaan, organisasi maupun perorangan di seluruh dunia memiliki website sendiri di internet. Website tersebut digunakan untuk berbagai kepentingan, baik untuk menyebarkan informasi, menjalin relasi dan interaktifitas, mempublikasikan diri, membentuk komunitas, maupun keperluan lainnya.

Memang seiring perkembangan teknis internet sekarang, memiliki website agar bisa menampilkan diri di internet tidak sesulit dan serumit sepuluh sampai lima tahun yang lalu. Tidak harus menguasai teknis-teknis pemrograman dan desain web untuk bisa mempunyai website sendiri, karena saat ini di internet sudah banyak website-website yang aplikasi maupun maintenance-nya mudah dan praktis. Website-website tersebut lebih dikenal dengan istilah weblog. Trend blogging—memiliki dan memelihara weblog—ini sudah semakin membudaya di kalangan masyarakat cyber di seluruh dunia.

Weblog merupakan website pribadi yang diupdate secara teratur—bahkan bisa setiap hari—yang berisi rekaman pemikiran pemiliknya; hal-hal yang berkenaan dengan keseharian, pekerjaan, sekolah; catatan tentang peristiwa atau kejadian penting; refleksi terhadap suatu subjek atau objek tertentu; essay berkenaan dengan fenomena yang sedang terjadi ; maupun hal-hal yang dianggap penting oleh pemiliknya (http://www.rebeccablood.net/essays/ weblog_history.html). Hal yang paling mudah untuk mengenali weblog dan membedakannya dengan jenis website lainnya adalah adanya urutan posting—material atau tulisan yang diisikan—, yang mana posting terbaru berada paling atas, dan dibawahnya adalah posting-posting yang diisikan sebelumnya dan berurutan sesuai dengan tanggal posting.

Pada umumnya, weblog berisi hal-hal ringan yang mudah dicerna tentang keseharian, banyak juga weblog yang berisi informasi penting dan bermanfaat, misalnya laporan atau berita tentang suatu peristiwa, tip dan trik berkenaan dengan minat masing-masing pemiliknya, artikel-artikel yang dicopy dari media lain, puisi maupun karya sastra lain yang dihasilkan, resep masakan, materi kuliah dan lain sebagainya. Dalam perkembangannya saat ini, weblog banyak digunakan untuk mempublikasikan hal-hal dan informasi yang sangat penting dan untuk kepentingan yang lebih serius, misalnya hasil penelitian atau teori-teori dari ahli-ahli ilmu pengetahuan, kampanye politik presiden, opini maupun kritik terhadap pemerintahan, laporan tentang temuan fakta-fakta penting, dan sebagainya. Setiap orang dapat membuat dan memiliki weblog. Mereka yang mempunyai dan menggunakan weblog biasanya disebut “blogger”. Rebecca dalam websitenya www.rebeccablood.net menyebutkan, blogger adalah orang-orang yang antusias pada web. Semula yang banyak memanfaatkan blog adalah orang-orang yang berkecimpung di bidang tehnologi informatika, seperti desainer atau programmer website, orang-orang yang bekerja di telekomunikasi dan sebagainya. Namun sejak tiga tahun belakangan ini, blog digunakan secara luas oleh semua kalangan dan tujuan penggunaannya pun lebih variatif. Weblog bahkan juga banyak dimanfaatkan oleh para kandidat presiden, politikus di banyak negara, ilmuwan-ilmuwan, sastrawan, tentara, dan sebagainya sebagai media untuk menyampaikan informasi personal maupun nonpersonal kepada publik secara lebih informal. Mayoritas Blogger adalah anak-anak muda, mahasiswa dan orang-orang yang banyak berkenaan dan menghabiskan waktu didunia cyber. Menurut enda, blogger saat ini kebanyakan terdiri dari para penulis diary muda yang dinamis, offbeat dan punya opini untuk segala hal. Dalam kata lain mereka adalah generasi yang tidak takut berpendapat dan mengungkapkan pendapat (www.enda.goblogmedia.com). Kim menyatakan bahwa diperlukan beberapa syarat dasar untuk menjadi seorang blogger, yaitu kemampuan untuk mengekspresikan diri, keinginan untuk berkomunikasi dengan orang banyak dan adanya minat pribadi pada keterusterangan.


Saat ini jumlah pengguna weblog di internet semakin bertambah. Hal ini terlihat dari catatan blogger.com mengenai jumlah pelanggannya yang mencapai kurang lebih 40.000 orang, dengan jumlah peningkatan mencapai 20% per bulan (www.guardian.co.uk). Sebuah jumlah yang cukup signifikan untuk menilai tingkat antuasiasme para pengguna internet untuk memiliki weblog. Antusiasme untuk memiliki weblog tersebut meningkat karena weblog dianggap sebagai media yang paling memungkinkan blogger untuk menuangkan semua hal yang mereka pikirkan ke dalam weblognya secara bebas. Terlebih lagi, weblog memang dibuat untuk dibaca oleh orang lain. Para blogger dengan sengaja mendesain dan mengisi weblognya untuk dibaca dan dinikmati oleh orang lain. Weblog seringkali menjadi sarana bagi blogger untuk membagi dunia dan kehidupannya dengan setiap orang yang berkunjung

Para blogger melalui weblognya seringkali mengekspresikan persahabatan maupun permusuhan terhadap pihak-pihak tertentu. Hal tersebut pernah nampak sangat jelas ketika perang di irak meletus tahun 2003 lalu. Blogger-blogger irak banyak sekali mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi selama perang berlangsung, baik yang mereka alami atau saksikan secara langsung atau tidak. Blogger-blogger irak tersebut banyak sekali menyampaikan informasi-informasi yang tidak dimuat di media massa pada umumnya. Beberapa dari mereka menyampaikan kemarahan disertai makian terhadap kebijakan yang diambil oleh pemerintah amerika. Hal tersebut mengundang kecaman balik dari blogger-blogger amerika yang melakukan pembelaan atas kebijakan yang diambil negaranya sehingga terjadi perdebatan yang sengit di antara weblog-weblog tersebut, bahkan kemudian merembet ke jutaan weblog milik blogger di seluruh dunia sehingga menimbulkan opini dan kontroversi yang luas. Begitu pula terjadi dengan banyak masalah-masalah sosial, budaya dan lainnya yang berdampak global.

Perdebatan maupun komentar balik terhadap tulisan-tulisan yang ada dalam weblog memang biasa dilakukan. Hal tersebut terjadi karena memang sebuah weblog dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang memungkinkan blogger untuk menjalin interaktifitas dengan pengunjungnya, baik hanya untuk sekedar menyapa, berkenalan, memberi tanggapan atau respon terhadap tulisan yang dipublikasikan di weblog dan sebagainya. Interaktifitas merupakan salah satu faktor yang menunjang kepopuleran weblog saat ini. Para blogger biasanya melengkapi weblognya dengan berbagai fasilitas tambahan untuk menjalin interaktifitas dengan pengunjungnya. Fasilitas-fasilitas tersebut juga dapat diaplikasikan dengan praktis dan tidak terlalu rumit.


Kebebasan, kespesifikasian, keinteraktifan dan kemudahan weblog membuatnya menjadi media massa masa kini yang semakin digemari oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Cameron barret menyatakan weblog adalah budaya digital yang eksistensinya semakin diperhitungkan karena mempunyai peran yang cukup signifikan sebagai perintis bentuk media jurnalisme baru. Bisa jadi, dalam perkembangannya nanti, weblog akan menjadi media massa yang akan menggantikan media-media massa yang mainstream saat ini.

Dan berikut ini ada beberapa istilah internet yang sering digunakan

ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET


1. Browsing      : adalah menelusur secara langsung buku tertentu pada kumpulan buku-buku yang dijajarkan di rak. Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan tepat dan cepat, pengguna harus memahami terlebih dahulu sistematika penyusunan koleksi perpustakaa

2. Chatting      : adalah suatu fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara (chatting voice).


3. Teleconference: Adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Produk yang mendukung teleconference pertama melalui internet adalah NetMeeting yang dikeluarkan oleh Microsoft.


4. Download   : Adalah transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem yang lebih besar atau pu sat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil (client). kebalikan dari download adalah upload.

5. Spam           : Merujuk kepada praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik menerima pesan tersebut.

6. Mailing List  : Adalah Fasilitas E-mail Internet ,dimana pemakai dafat mendaftarkan diri ke suatu daftar pengiriman E-mail untuk suatu topik tertentu,sehingga pemakai akan secara otomatis mendapatkan kiriman E-mail setiap anggota Mailing_List Manager,.

7. VoIP (Voice over Internet Protocol)  : adalah nama lain internet telephony. Lihat internet telephony.


8. E-coomerce (electronic commerce)   : adalah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah Internet dan electronic data interchange (EDI).


9. E-mail (electronic mail)        : adalah pesan elektronik yang dikirim dari komputer seorang pengguna ke komputer lainnya. E-mail dapat dikirimkan melalui local area network (LAN) atau Internet. Kalau dahulu, data yang dikirim hanya berupa teks, sekarang dengan e-mail dapat berisi gambar, suara, dan bahkan klip video.


10.Browser      : adalah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan fasilitas lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla

11.ASP (Active Server Pages) : adalah spesifikasi untuk membuat halaman Web dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server Web membuat halaman dengan kode HTML dan mengirimkannya kepada browser.

12. FTP (file transfer protocol) : adalah protokol Internet yang digunakan untuk menyalin file antarkomputer.


13. Admin       : sama halnya dengan user tetapi memiliki hak yang lebih tinggi, dimana sebagai administrator dari sebuah jaringan komputer (termasuk internet), atau program interaksi seperti chat, dia berhak mengatur kondisi yang ada di jaringan dan program tersebut. Dia berhak untuk menerima dan menolak user-user yang ingin bergabung dengan jaringan dan program tersebut.


14. Altavista    : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari informasi yang diperlukan. http://www.altavista.com


15. Animated GIF       : adalah jenis format file gambar GIF yang terdiri dari beberapa gambar yang disusun sehingga dapat terbentuk animasi.


16. Attachment                      : adalah fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer. maupun webmail, yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.


17. AVI                        : adalah jenis format file video yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.


18. B to B e-commerce : Business to Business E-Commerce adalah perdagangan atau transaksi elektronis yang dilakukan di internet antara pemegang business, baik instansi/lembaga atau perusahaan dengan pihak pemegang business lain baik instansi/lembaga atau perusahaan pula.


19. B to C e-commerce : Business to Costumers E-Commerce adalah perdagangan atau transaksi elektronis yang dilakukan di internet antara pemegang business, baik instansi/lembaga atau perusahaan dengan pihak user atau konsumen pemakai jasa internet.

20. Banned      : istilah khusus yang digunakan dalam ber-chatting yang dapat dilakukan oleh seorang admin untuk 'mem-blacklist' seorang user yang telah benar-benar melanggar 'nettiquette' dan tidak dapat diberikan 'ampun' untuk dapat ber-chatting kembali.

21. Banner       : adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.


22. Cache Folder        : atau yang disebut Temporay Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah di download dari internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya di tampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

23. CC : Carbon Copy adalah alamat yang yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama (TO).


24. CGI/Perl   : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.

25. Chat          : adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).

26. Chatting    : istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.

27. Client        : adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.


28. Cookies     : adalah sebuah file kecil yang tersimpan pada cache folder dari sebuah program webbrowser, yang digunakan untuk penandaan data atau profile dari user, jika user tersebut memasuki kembali website yang di kunjungi. Dan juga tidak memerlukan player untuk menjalankannya.


29. Dial-Up     : adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.

30. Dial-Up Networking : adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.


31. Domain name        : adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
32. Download : adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.

33. Dreamweaver       : adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc.

34. E-cards : adalah kartu elektronik yang dapat digunakan oleh user internet untuk mengirimkan kartu ucapan berupa ucapan ulang tahun, valentine, natal, lebaran, dan sebagainya kepada user lain.


35. E-Commerce : Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.

36. E-mail        : atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain.

37. Excite        : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.excite.com

38. Flash          : adalah jenis program animasi vektor yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc., untuk digunakan pada webpages, sehingga dapat ditampilkan di internet. Dengan bantuan Plugin tertentu.

39. Forward e-mail : meneruskan e-mail dari seorang user kepada user lainnya.

40. Freemail    : program interaksi surat elektronik yang diterapkan pada sebuah situs web dengan kelebihan user dapat menggunakannya tanpa biaya operasi (alias gratis).

41. FrontPage : adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.

42. FTP                        : file transfer protocol adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.


43. Gif                        : adalah jenis format file gambar di internet, yang dapat menampilkan gambar / photo dengan kualitas 256 warna (8 bit colour).

44. GoLive      : adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems Inc.

45. Hacker      : adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.

46. Handphone : selain dapat digunakan untuk menelepon, beberapa jenis handphone yang dilengkapi dengan fasilitas SMS dan WAP, dapat digunakan untuk menerima dan mengirimkan e-mail.

47. Homepage : adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.

48. HTML         : Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage.

49. Http://      : http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http.

50. Internet      : sumber daya informasi yang sangat luas sehingga dapat menjangkau seluruh dunia.

51. Internet Device : adalah alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi atau berinteraksi melalui internet. Baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk ber-chatting, baik menggunakan teks, suara, gambar maupun video. Misal : notebook, plamtop, handphone, internet-tv.

52. Internet Explorer : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.

53. Internet-TV : adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.

54. Intranet      : sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

55. ISP : Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.

56. Java : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif dan animasi di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem.

57. JPEG (JPG) : adalah jenis format file gambar di internet, yang dapat menampilkan gambar / photo dengan kualitas 16.7 juta warna (24 bit colour).

58. Kick : istilah khusus yang digunakan dalam ber-chatting yang dapat dilakukan oleh seorang admin untuk 'mengusir' atau 'menendang' seorang user program chat yang melakukan sesuatu tidak sesuai dengan etika dalam ber-chatting, atau melanggar nettiquette.
59. Login : otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

60. Logoff : tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

61. Lycos : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.lycos.com

62. Media Player : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file video AVI dan MPG. Dikembangkan oleh Microsoft Corp., http://www.windowsmedia.com/

63. Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya.

64. Mov : adalah jenis format file video Quicktime Movie yang dikembangkan oleh Apple Computer Inc.. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.

65. Mp3 : adalah jenis format file suara yang memiliki tingkat kompresi suara yang baik, dimana file suara sebesar 60 MB dapat dikompresi hingga 4 MB saja, tetapi tidak meninggalkan kulitas suara yang dihasilkan. Digunakan untuk file-file musik yang dapat di-download di internet.


66. Mp4 : adalah jenis format file suara yang memiliki tingkat kompresi suara yang baik, dimana file suara sebesar 60 MB dapat dikompresi hingga 2 MB saja, tetapi tidak meninggalkan kulitas suara yang dihasilkan. Digunakan untuk file-file musik yang dapat di-download di internet.


67. MPEG (MPG) : adalah jenis format file video yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang sangat baik.


68. Mpeg4 : adalah jenis format file video yang memiliki tingkat kompresi video yang baik, dimana file video yang besar dapat dikompresi hingga ukuran yang dapat di-download di internet, tetapi kualitas gambar dan suaranya juga dikorbankan.


69. Netscape Navigator : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.


70. Nettiquette : adalah etika-etika yang dibuat oleh admin untuk di patuhi oleh user dalam sebuah program chat.


71. Newsgroup : adalah suatu fasilitas di internet yang dapat digunakan untuk melihat dan mengirimkan berita ke sebuah kelompok atau forum tertentu. Misalkan jika terdapat sebuah forum newsgroup yang membahas mengenai kosmetika remaja, maka kita dapat ikut serta dalam forum tersebut dengan mengirimkan serta melihat berita atau pendapat yang terdapat pada newsgroup tersebut.


72. Newsletters : adalah berupa e-mail yang diterima oleh user yang menginginkan informasi tertentu dari sebuah website.


73. Nickname : nama panggilan atau nama palsu yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), atau program interaksi seperti chat.


74. Notebook : komputer kecil (seperti buku catatan) yang dapat terkoneksi dengan internet, dengan menggunakan bantuan modem. Dan dapat melakukan komunikasi dan interaksi di internet seperti surfing, e-mail, chat.

75. Object 3D : adalah obyek-obyek seperti pada kehidupan sehari-hari yang dapat ditampilkan secara visual tiga dimensi pada webbrowser dengan bantuan Plugin tertentu.

76. Official site : situs resmi dari sebuah produk, perorangan, atau sebuah instansi/lembaga/perusahaan.

78.Online Transaction : transaksi perbankan yang dilakukan secara online. Seperti menggunakan kartu kredit, kartu cash.


79. Pagemill, Adobe : adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems Inc..


80. Palm-top : komputer yang lebih kecil dari notebook yang dapat terkoneksi dengan internet, dengan menggunakan bantuan modem. Dan dapat melakukan interaksi di internet seperti e-mail.

81. Password : kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

82. Plugin : adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.


83. Quick Time : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file video QuickTime Movie. Dikembangkan oleh Apple Computer, Inc., http://www.quicktime.com


84. Real Player : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file suara RealAudio dan format file video RealVideo. Dikembangkan oleh RealNetworks, http://www.real.com


85. Receive e-mail : menerima e-mail dari user lain.


86. Reply e-mail : membalas e-mail dari user lain.


87. Script : adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.


88. Search Engine : adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.


89. Server : adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.


90. Shockwave : adalah jenis program multimedia dan animasi, gambar dan suara yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc., untuk digunakan pada webpages, sehingga dapat ditampilkan di internet. Dengan bantuan Plugin tertentu.

91. Shopping Online : adalah fasilitas yang terdapat di internet, dimana user dapat berbelanja barang-barang sejara online. Biasanya pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, kartu anggota, kartu cash, atau on deliver (pembayaan dilakukan di tempat, setelah barang di kirimkan).


92. Site : atau yang disebut situs dalam bahasa indonesia, adalah nama alamat dari sebuah website. Misalnya : http://www.belia.com


93. SMS : Short Message Services, adalah fasilitas pengiriman dan penerimaan pesan pada handphone yang dapat digunakan untuk menerima dan mengirimkan e-mail di internet.
94. Subject : judul surat dari e-mail yang akan dikirimkan.

95. Surfing : adalah istilah yang digunakan untuk mem-browse, meng-explore, atau 'berjalan-jalan' di dunia internet dengan menggunakan program webbrowser, dimana kita dapat menjelajahi dunia internet yang sangat luas tersebut.


96. TO : alamat utama yang dituju untuk mengirim e-mail.


97. UNZIP : sebuah program untuk menguraikan data-data yang ada di dalam paket data (*.ZIP) ke sebuah directory.


98. Upload : adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.


99. User : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


100. Username : nama atau nickname yang di gunakan oleh seorang user untuk login (otorisasi) di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


101. Video-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa kumpulan gambar atau video.


102. Virus : adalah program tersembunyi yang dapat 'menebeng' atau 'membonceng' pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.


103. VisualBasic : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp
.

104. Voice-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.


105. VRML : Virtual Reality Modelling Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk menampilkan gambar 3 dimensi (virtual reality) pada sebuah halaman web.
106. WAP : Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.

107. Web browser : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.

108. WebCam : adalah sebuah kamera kecil yang digunakan untuk mengambil gambar / beberapa gambar (video) dari user internet yang berada di depan komputer / internet device.

109. Web designer : seorang yang bertanggungjawab untuk menyusun layout dan membuat grafik yang ditampilkan di dalam situs web.

110. Web developer : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat program-program interaksi yang terdapat dalam sebuah situs web.

111. Webmail : program interaksi surat elektronik yang diterapkan pada sebuah situs web (website). Dengan kemampuan yang sama dengan program surat elektronik yang ada, seperti : netscape messanger, outlook ekspress, eudora mail, dan lainnya.


112. Webmaster : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.


113. Web page : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.


114. Website : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.


115. www : world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal penamaan (domain name) sebuah situs web.

116. XML : singkatan dari eXtended Markup Language adalah salah satu bahasa script yang merupakan turunan dari bahasa HTML.


117.Yahoo : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari informasi yang diperlukan. http://www.yahoo.com


118. ZIP : sebuah program untuk membuat paket data yang berisi beberapa data. Program ini akan menghasilkan file *.ZIP. Program ini sudah ada dalam versi windows juga, contohnya WINZIP 7.0.

1. Cc: Ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy”. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya terlihat kepada kesan kepada siapa email utama ditujukan; dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.
Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Agus, dan saya ingin pula Pak Bambang menerima salinan email tersebut. Pak Agus tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak Bambang (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Bambang.

· Bcc: Kependekan dari “blind carbon copy”. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc:.


Apa yang dimaksud dengan “Cc” dan “Bcc”?

Biasanya “Cc” (Carbon Copy) digunakan untuk orang yang anda tuju tapi tidak memerlukan reply (tanggapan) dari mereka atau hanya sekedar pemberitahuan saja. Sedangkan “Bcc” (Blind Carbon Copy) digunakan hampir sama dengan “Cc” tetapi dalam hal ini, penerima dalam “Bcc” tidak akan diketahui (terihat) oleh penerima yang ada di “To” atau “Cc” dan juga penerima “Bcc” tidak dapat melihat penerima lain yang ada di “Bcc” juga.


Dalam contoh diatas, email dikirim langsung (ditujukan) ke Budi. Dan juga mengirimnya kepada Raja, di kolom “Cc”. Anto dan Dewi di bagian “Bcc”. Mereka (Anto dan Dewi) dapat melihat penerima yang lain (Budi dan Raja) tapi Budi dan Raja tidak bisa melihat mereka (Anto dan Dewi).




2. Perbedaan antara blog dan website

Artikel blog didaftar berdasarkan judulnya dan diikuti dengan isinya, dimulai pada bagian atas adalah artikel yang terbaru dan diikuti oleh artikel-artikel sebelumnya. Aspek ini adalah format warisan dari dunia jurnalisme. Istilah dari blog diambil dari Weblog yang intinya berarti online diary atau journal. Catatan diary dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula dengan artikel dalam blog. Meskipun bergaya jurnalistik dan diary, blog sekarang ini tidak hanya berisi tentang kehidupan pribadi si pembuatnya.

Website normal punya masalah yang kronik untuk membuat atau menambahkan isi setiap hari, karena bersifat terlalu teknik. Sekalipun dengan content management system (cms) yang pintar, untuk membuat sebuah website berada diluar jangkauan kemampuan rata-rata pengguna internet. Blog mengubah hal itu. Blog menyediakan sistim publikasi isi (content publishing system) yang penggunaannya mudah dan bisa dijangkau oleh kemampuan rata-rata pengguna internet. Menambahkan isi blog semudah seperti menulis email, dengan rintangan yang semakin ringan tersebut saat ini dunia telah dipenuhi dengan milyaran blog.


hal yang membedakan antara blog dan website adalah hubungan antara pemilik halaman blog / webseite dengan pengakses. Kalau blog: pemilik blog (biasa disebut blogger) cenderung memberikan kesempatan kepada pengakses untuk bisa memberi komentar / komunikasi 2 arah. Walaupun beberapa blog tidak menyediakan fasilitas itu. Jika website: cenderung komunikasi 1 arah. Biasanya pengakses website cuma bisa membaca atau mendownload beberapa content yang disediakan pemilik website. Tapi pemilik website tidak memberikan fasilitas kepada pengakses untuk memberikan komentar.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar